Minggu, 07 Juli 2013

Cara Menentukan Pejantan Arwana



Cara Menentukan Pejantan Arwana (akuariumhias) -Memastikan type kelamin arwana tetap merupakan pekerjaan yang “sulit” terlebih yang berukuran kecil serta tetap umur belum masak kelamin (2 thn) tak ada aturan baku atau tentu dalam penentuan type kelamin arwana. dengan kata lain tak ada jaminan tentu untuk mengetahuinya terkecuali apabila arwana telah bertelur. petani arwana yang memiliki pengalaman lalu cuma berani berikan jaminan ( 70%-80% ). 

Di antara metode yang kerap dipakai untuk penentuan type kelamin arwana yaitu membedakan wujud kepala arwana. nyaris 90% arwana jantan memiliki wujud kepala yang semakin besar serta dan “kekar” dan wujud rahang yang lebih dalam serta luas. Perihal ini terkait dengan tugas arwana jantan yang bertanggung jawab untuk mengerami telur ( mouthbrooder ) mulai dibuahi sampai jadi burayak. disamping itu jantan mempunyai sirip semakin besar serta badan lebih pipih. namun betina wajahnya lebih pipih, wujud kepala lebih kecil, serta wujud badan lebih bulat. 


Disamping itu, ada juga satu metode penentuan type kelamin arwana yang unik yang lahir dari hubungan kerja riset yang dikerjakan oleh qian hu serta alex chang dari ngee ann polytechnic. riset tersebut membuahkan metode arowana gender index. Yang menarik dari metode ini yaitu menawarkan suatu hal yang simple, murah serta efektif. 

Penentuan type kelamin dengan agi yaitu melalui pengukuran garis-garis linear pada arowana dewasa ( umur tahun atau lebih ). menurut si perancang, probabilitas kesuksesan pembedaan arowana yaitu 70%. dengan catatan, bahwa pengukuran mesti dikerjakan pada arowana normal, tidak berlaku untuk aro bongkok atau bonsai.

-->

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer