Minggu, 07 Juli 2013

Ikan Arwana Asia


Ikan Arwana Asia (akuariumhias) -Yaitu di antara spesies ikan air tawar dari asia tenggara. ikan ini mempunyai badan yang panjang, sirip dubur terdapat jauh di belakang badan. Ikan arwana asia biasanya mempunyai warna keperak-perakan. arwana mempunyai beragam julukan seperti : ikan naga (dragon fish), aruwana, atau arowana,saratoga,pla tapad,barramundi,kelesa, siluk, kayangan, peyang, tangkelese,bergantung dari tempatnya. 

Sebagai ikan purbakala, arwana mempunyai wujud serta tampilan cantik serta unik. tubuhnya memanjang, ramping, serta stream line, namun gerakan renangnya amat anggun. di alam arwana mempunyai warna beragam dari hijau, perak, sampai merah. dua buah sungut terlihat mencuat dari bibir bawahnya. sungut ini berperan sebagai sensor getaran untuk tahu posisi mangsa di permukaan air. beberapa akuaris memasukan sungut ini dalam persyaratan penilaian keindahan ikan yang berkaitan. 

Ikan arwana merupakan ikan perenang atas, wujud mulutnya amat jelas tunjukkan perihal ini. di alam mereka umumnya berenang di dekat permukaan, serta berburu mangsanya berbentuk serangga. oleh dikarenakan itu pemberian makan arwana bukan hanya merupakan perihal sukar sepanjang kita ketahui bahwa mereka yaitu surface feeder. biasanya arwana bukan hanya terhitung pemilih dalam perihal makanan, mereka bisa terima semua type pakan untuk ikan karnivora, namun kerapkali mereka lantas amat suka di antara type pakan saja, serta menampik type yang lain. 

Ikan arwana merupakan ikan peloncat, di alam mereka dapat menangkap serangga yang bertengger pada ranting diketinggian 1-2 mtr. dari permukaan air. Oleh dikarenakan itu perlu di perhatikan untuk menutup dengan baik akuarium jika pingin memeliharanya dalam akuarium. 

Bisa dikatakan arwana terhitung tahan pada serangan beragam penyakit. walau demikian mereka sangat peka terhadap mutu atau kualitas air, terutama yang perlu diperhatikan kandungan nitrit,amonia serta nitrat. 

Ikan arwana terdaftar dalam daftar spesies langka yang berstatus terancam punah oleh International Union for Conservation of Nature and Natural Resources disingkat iucn kadang-kadang juga dimaksud dengan world conservation union yaitu sesuatu organisasi internasional yang didedikasikan untuk konservasi sumber daya alam. jumlah spesies ini yang alami penurunan karena kerapkalinya diperdagangkan dikarenakan nilainya yang tinggi sebagai ikan akuarium, terlebih oleh masyarakat asia. pengikut feng shui bisa membayar harga yang mahal untuk seekor ikan ini. 

Arwana merah ( super red ) 

Ikan arwana merah merupakan varietas arwana yang datang dari beragam area di propinsi kalimantan barat, yaitu berasal dari sungai kapuas dan juga danau sentarum. Kedua area ini dikenal sebagai habitat dari super red ( chili serta blood red ). 


Warna merah penuh telah dapat terlihat pada sirip ikan muda, pada bibir serta juga sungut. menyambut dewasa, warna merah setelah itu telah dapat nampak di beragam sisi tubuh yang lain, khusunya pipi ( tutup insang ) serta tepian sisik, hingga ikan dengan total telah dapat tunjukkan kesan merah. 

Pada prinsipnya, arwana merah dikelompokkan dalam 4 jenis varietas, yakni merah orange (orange red),merah emas (golden red),merah cabai (chili red),merah darah (blood red) . keempat varietas ini dengan umum diberi julukan super red atau merah grade pertama (first grade red).

-->

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer