Minggu, 21 Juli 2013

Ikan Hias Paling Cantik : Ikan Discus


Ikan Hias Paling Cantik : Ikan Discus (akuariumhias) -Kekayaan hayati indonesia sudah banyak dikenal. di dalam usaha ikan hias dunia, product ikan hias dari Indonesia dikenal memiliki beragam jenis, baik ikan hias untuk air tawar maupun ikan hias untuk air laut. Dari 1. 100 spesies ikan hias air tawar yang ada di dunia, 400 spesies salah satunya datang dari Indonesia. Potensi ini membanggakan karena karena Indonesia dikenal sebagai produksi ikan hias terbesar di dunia. 

Pada saat ini peminat ikan hias terus lantas makin dan semakin menyebar ke semua susunan masyarakat. walau kemampuan daya belinya bermacam, masyarakat perkotaan di Indonesia melengkapi rumahnya dengan akuarium-akuarium yang diisi berbagai ikan hias diantaranya ikan discus. ikan discus ( symphysodon discus ) ini memiliki habitat asli di rio negro dan perairan tenang sungai amazon. Ciri-cirinya omnivora. gerakannya sangat halus. Ikan ini lantas popular sebagai rajanya ikan akuarium. Banyak orang menyebut ikan ini discus karena bentuk dari tubuhnya bulat mirip cakram. 

Ada empat spesies ikan discus yang dibudidayakan, walau semuanya dikatakan sebagai discus, yaitu heckel discus (symphysodon discus), brown discus (symphysodon aequifasciata axetrodi), green discus (symphysodon aequifasciata aequifasciata), dan blue discus ( symphysodon aequifasciata haroldi ). Oleh karena penggemarnya sangat banyak, maka dibutuhkan kreativitas peternak dan para hobiis sangat diperlukan untuk ikut memunculkan varietas baru yang makin bagus. Hingga saat ini ini ada banyak varietas discus, misalnya : marlboro, brown discus, red pigeon dan cobalt. 


Discus yang di juluki ratu ikan hias air tawar ini telah memulai perjalannya dari habitat aslinya ke akuarim di area tinggal kita. Aslinya ikan ini datang dari pedalaman rimba amazon, brazil yang popular kaya bisa berbagai species tumbuhan dan binatang. Discus yakni diantara ikan hias air tawar yang banyak yang berminat. tentang sistematikanya ada sedikit pembicaraan, sebagian orang mengklaim menurut area asal, warna dan bentuk luarnya.

Ikan yang berbentuk layaknya kue dadar ini di lengkapi dengan keindahan warna dan bentuk tubuhnya. apabila umumnya ikan hias mempunyai bentuk tubuh memanjang, discus tidaklah demikian. bentuk discus unik layaknya cakram atau kue dadar. warnanya sangat unik dan manarik pas dengan strain dan keturunannya. 

Ciri-ciri 
Ikan discus umumnya memiliki ciri khas layaknya pada bentuk tubuh yang pipih bundar sama ikan bawal. warna basic yang coklat kemerahan dan memiliki garis berombak bermacam rupa tidak teratur diawali dari dahi sampai perut. pada kepala dan tubuhnya terpotong sembilan garis tegak. Tiga salah satunya tampak jelas, sedang sisanya samar-samar. ciri mencolok yang membedakan dari kerabat dekatnya yakni dari matanya yang selalu berwarna merah dan garis tengah tubuhnya amat besar 15 cm. 


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer