Selasa, 02 Juli 2013

Ikan Mas Koki Mutiara



Ikan Mas Koki Mutiara (akuariumhias) - Sisik mutiara oleh orang Inggris dikatakan sebagai pearlscale (pearl : mutiara, serta scale : sisik) goldfish. mas koki sisik mutiara amat populer di kelompok umur pengagum ikan hias maskoki, dikarenakan tanda-tanda sisiknya yang khas.

Mas koki sisik mutiara mempunyai warna basic tubuh merah dengan sisik tubuh yang khas. sisik yang nampak pada permukaan kulit bergerigi layaknya buah jagung yang dikupas. Warna sedang sisik putih jernih hingga terlihat layaknya jerawat batu. Dikarenakan jerawat batunya tersebut ia dimaksud sisik mutiara.

Tubuh ikan mas koki mutiara dengan umum berupa bulat gemuk layaknya bola pingpong. siripnya berjumlah 6 buah serta berukuran pendek, tetapi belakangan banyak nampak maskoki sisik mutiara berekor agak panjang. kepalanya serupa kepala ikan mas mengonsumsi, namun lebih pendek.


Berdasar sebagian literatur, mas koki sisik mutiara lahir di china serta temasuk macam type maskoki yang nampak belakangan. masyarakat china menjuluki mas koki ini run chiu yu. tetapi sayang, tidak diketahui dengan jelas asal-usulnya, apakah ikan hias type ini merupakan hasil mutasi silangan.

Ada yang menyebutkan mas koki sisik mutiara tetap satu varietas dengan mas koki fantail ( ekor kipas ). memanglah wujud sirip ekor sisik mutiara ada yang menyerupai fantail. tetapi fakta itu kurang jadikan basic untuk menyebut sisik mutiara sebagai turunan fantail. saat ini banyak ada mas koki sisik mutiara yang mempunyai ekor layaknya mas koki kepala singa ( lionhead ) serta oranda.

-->

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Populer